KRITERIA KEPEMIMPINAN


Beberapa saat ke depan kita akan melaksanakan hajatan 5 tahunan, Pemilu 2009. Prosesi tersebut kini pun sedang berlangsung. Tujuannya adalah menentukan siapa-siapa yang layak memimpin bangsa ini.

Berkenaan dengan hal tersebut, saya tergelitik juga untuk mencoba membuat tulisan ini. Tulisan ini juga merupakan jawaban atas kebingungan yang saya alami dalam menentukan pilihan. Bagaimana tidak bingung jika dihadapkan dengan banyaknya pilihan, semuanya mengaku layak, mampu, dan janji-janjinya betapa menggiurkan.

Sebenarnya, kriteria kepemimpinan sama persis dengan kriteria manusia biasa atau orang kebanyakan. Sebenarnya juga, apabila berbicara tentang pemimpin, sebaiknya jangan muluk-muluk. Dengan kata lain, berpikir sederhana saja. Misalnya: syarat menjadi suami. Pertama, harus manusia dan laki-laki. Baru yang kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya.

Syarat suami sebagai manusia itu banyak tak diperhatikan orang, padahal jelas banyak suami berlaku seperti ia bukan manusia. Bertindak hewaniah kepada isterinya, juga kepada wanita yang bukan isterinya.

Bukankah menjadi manusia itu sendiri sudah sedemikian sukarnya?

Jadi, syarat menjadi pemimpin itu ya sederhana saja: harus manusia. Sebab ratusan juta manusia di muka bumi sengsara dalam berbagai era sejarahnya, gara-gara para pemimpin manusia berlaku tidak sebagaimana manusia. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa perilaku kebinatangan ”rutin” terjadi dalam konstalasi perpolitikan dan kekuasaan. Juga persaingan ekonomi. Tapi, kebanyakan orang menganggap bahwa itu hal yang biasa, lumrah, wajar, jamak.

Bahkan perilaku kebinatangan tidak hanya dalam politik dan ekonomi saja, namun juga di bidang-bidang lainnya. Dalam bidang kebudayaan, perilaku kebinatangan juga bukan main semaraknya. Termasuk juga di bidang kesenian, hiburan, informatika, dll. Mungkin sekali termasuk saya sendiri.

Selain syarat pertama menjadi suami harus manusia juga harus laki-laki. Ternyata banyak suami tidak berlaku selayaknya laki-laki. Ia jantan ketika di ranjang, namun tidak dalam mekanisme politik rumah tangga. Betapa banyak lelaki yang ternyata betina, yang berlaku tidak fair, curang, culas, suka mengincar, menyuruh bikin kerusuhan supaya nanti dia yang jadi pahlawan, merancang membakar gedung parlemen supaya bisa bikin dekrit, dan lain sebagainya.

Dalam etimologi dan filosofi kebahasaan kita orang yang jujur kita sebut jantan, yang pengecut kita sebut betina atau perempuan. Bukankah kejantanan yang dimaksud di situ bisa juga dilakukan oleh wanita? Bisa saja ada lelaki betina dan perempuan jantan. Jadi, yang dimaksud pemimpin harus laki-laki bukan dalam pengertian fisik, melainkan dalam pengertian kepribadian. Jika saya keliru, gugat saja Pusat Bahasa, hehehe.

31 Responses to “KRITERIA KEPEMIMPINAN”


  1. 1 Hasya 30 Maret 2009 pukul 23:36

    sederhana juga ya..
    ”harus manusia” dan ”harus laki-laki”

    Tapi nyari manusia yg berperilaku manusia itu luar biasa sulit di era sekarang.
    Begitu juga nyari lelaki yg jantan. Kebanyakan lelaki sekarang bertingkah laiknya betina.

    Btw, meskipun sulit dicari bukan berarti tidak ada ya.., pasti ada kok, cuman blm ketemu aja.

  2. 2 wahyu 31 Maret 2009 pukul 12:21

    Kuncinya sabar!
    Kl mmg syarat utama “MANUSIA” dan “LAKI²”, insyaallah pasti ketemu….

    • 3 mulyadi 18 Februari 2010 pukul 18:48

      kalo kriteria kepemimpinan hanya sebatas manusia&laki-laki kayaknya sih ga cukup segitu aja ya mba.kaloau menurut sy sih pemimpin itu yg brani bertanggung jawab&mempertanggung jawabkan,bahkan lebih dari itu seharus nya.

  3. 4 Panduan Bisnis Internet 31 Maret 2009 pukul 12:37

    Waahh…kelas berat nih artikelnya..he..he
    Maknanya sangat mendalam…
    Terus berkarya temans…

    Tukar Link

  4. 5 mawi wijna 31 Maret 2009 pukul 17:53

    Ada definisi baru dari laki-laki nih rupanya. Jadi bukan jantan toh? He3.

    Saya suka pendapatmu, ringkas tapi tersisip kata-kata yang punya dualitas makna seperti “manusia” dan “laki-laki”.

  5. 6 ekaria27 31 Maret 2009 pukul 18:45

    Setujuuu !!
    Buka ruang untuk perempuan berhati jantan mewarnai panggung politik.

    Thank u udh mampir blog saya ;)
    ini kunjungan balasan saya

  6. 7 byme 1 April 2009 pukul 08:39

    mantap mas infonya
    salam kenal
    byme

  7. 8 Irwan M Santika 1 April 2009 pukul 10:51

    Benar juga ya mas, sekarang jika terlalu muluk-muluk masyarakat sdh biasa mendengarnya.walaupun masih banyak terjadi hal2 spt itu. mungkin kita hrs di tuntut lebih slektif dlm memilih pemimpin.

  8. 9 iwan 1 April 2009 pukul 18:23

    aq masuk kriteria itu kagak yah……
    bingung aq…heheheheh…………..
    gmana menurut kamu

  9. 10 planetmiring 1 April 2009 pukul 19:12

    wah bener juga tuh! presiden mendatang harus berupa manusia yang manusiawi. jantan juga harus dalam koridor manusiawi, bukan jantan versi hewani yang asal maen gebuk setiap mengeluarkan kebijakan.

    Btw, thx ya udah berkunjung ke blog saya. Salam kenal…

    Chandra

  10. 11 ahmadinda 2 April 2009 pukul 01:43

    betul sekali mas. banyak yang lupa bahwa dia adl manusia, ada juga yang masih sadar bahwa dia manusia tapi dia menanggalkan fitrahnya sebagai manusia (ciptaan tuhan yang paling sempurna). dalam satu keadaan tertentu sebenarnya manusia bisa lebih mulia dari malaikat, tapi pada keadaan yang lain bisa lebih hina dari binatang. tinggal kita pilih yang mana.
    salam kenal mas

  11. 12 toufan 3 April 2009 pukul 05:47

    sudah saatnya bahawa manusia harus kembali ke fitrahnya, sudah begitu banyak ujian bencana akhir2 ini yang terkadang-kadang adalah “hasil karya” kita sendiri.
    Salam blogger :-)

  12. 13 toufan 3 April 2009 pukul 05:50

    bener sekali, sudah saatnya manusia kembali ke fitrahnya, sudah banyak ujian berupa bencana yang terkadanag adalah “hasil karya” kita sendiri.

    Salam blogger:-)

  13. 14 haris 3 April 2009 pukul 12:23

    kriteria pemimpin/kepemimpinan tidak ada bedanya dengan ketua OSIS pada zaman dahulu kala. masih ada ga ya OSIS tu?

    1.Melayani Rakyat
    2.Merasakan penderitaan rakyat
    3.berbicara atas nama rakyat
    4.tidak menyengsarakan rakyat

    wong dia kan fox populi…..suara rakyat yang:
    1.dengan CERDAS bicara tt masalah rakyat
    2.dengan WIBAWA memimpin
    3.dengan JUJUR mengelola keuangan negara
    4.dengan ELEGAN mengakui kelemahan

    what do you think brother/sister?
    haris
    http://www.inspiero.com

  14. 15 ceuceu 4 April 2009 pukul 15:40

    mudah2an saya salah menangkap arti dari sebagian artikel di atas.. lepas dari tema utama bahwa yang jadi pemimpin harus ‘laki-laki’, ada kalimat yang saya artikan bahwa ‘ kalau dia tidak jujur, berarti dia laki-laki yang perempuan’ atau ‘orang yang jujur kita sebut laki-laki sementara yang pengecut disebut laki-laki yang betina atau laki-laki yang perempuan.. wah..’perempuan’ kok sepertinya dianggap dekat dengan ‘tidak jantan/pengecut/tidak fair’ atau ‘tidak jujur’ (hmm..saya protes tu..)…. but anyway..artikel diatas mengingatkan kita untuk tidak salah memilih pemimpin bangsa ini…oke..salam kenal ya..thanks atas kunjungannya…

  15. 16 ceuceu 4 April 2009 pukul 15:43

    uupss..kok ada dua…yang atas ga lengkap mas….hehehhe…delete aja…

  16. 17 abula45 4 April 2009 pukul 17:22

    @ semuanya: terima kasih atas komentarnya sy akan berusaha membalasnya dg mengunjungi blog Anda semua.

    @ ceuceu: Saya sepakat dg Anda, dr sudut ideologi pembelaan kaum perempuan, Saya tdk mantap dg etimologi dan filosofi kebahasaan kita (”jantan” dan ”betina” dlm kontek Artikel di atas).
    Tolonglah ada gugatan ke Pusat Bahasa.

  17. 18 farhan 16 April 2009 pukul 13:59

    wah-wah,,, artikelnya cukup menarik..
    memang betul sekali,, pak..
    saya kira akhir-akhir ini manusia bertingkah bukan seperti manusia..

    contohnya saja.,.. “mereka” berpakaian seperti bukan cara berpakaian manusia, tetapi mirip seperti binatang bahkan lebih rendah dari itu.

    salam kenal dari farhan
    owner uangsuper.com
    situs yang memilik sistem
    untuk menuju kekayaan melalui internet.

  18. 19 WANDI thok 8 Mei 2009 pukul 20:37

    Jika sebuah urusan di serahkan kepada 2 pemimpin berikut:
    1. wanita
    2. orang yang tidak ahli dibidangnya
    TUNGGULAH KEHANCURAN
    ini sunnatulloh

  19. 20 online 30 Desember 2009 pukul 18:32

    awal yang baik

  20. 21 mixed.uni.cc 12 April 2010 pukul 22:12

    free blog directory, free blogdirectory, free add blog, blogs, free weblogs, free blog, free weblog, free submit web blog,free web blog directories
    Submit your Blog to Blog Directory! Get a service that drives traffic to your Blog and search for Blogs, find , read , rate and comment on blogs in the blog directory.blog directory,blogdirectory,add blog,blogs,weblogs,blog,weblog.

    http://mixed.uni.cc/directory/

  21. 22 ARINDA 18 November 2010 pukul 16:07

    aku suka artikel ini ..moga bapak bisa buat artikel yang lebih menarik lagi..aku memang bercita-cita menjadi seorang pemimpin..Arigatou yapak..^_^

  22. 23 Alphard 28 November 2010 pukul 10:52

    kriteria saya, seorang pemimpin harus kaya dulu, biar enga korupsi…

  23. 24 Kiev ladies escort 11 Februari 2011 pukul 22:34

    Nice webpage, it is actually doing work absolutely effectively on this platform too. Like your picture BTW.

  24. 25 Hoa Slipp 7 April 2011 pukul 11:36

    English Premiership, but given the size of the financial commitment required, it is likely that it was merely a publicity stunt. By this time,

  25. 26 Jamey Romar 20 Agustus 2011 pukul 11:04

    Thank you for the auspicious writeup. It actually was once a amusement account it. Glance complicated to far brought agreeable from you! However, how could we be in contact?

  26. 27 cars history check 11 Juni 2013 pukul 13:19

    Thanks for sharing your thoughts. I truly appreciate your efforts and I
    am waiting for your further post thanks once again.


  1. 1 SIAPAKAH PEMIMPINKU? « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 4 Mei 2009 pukul 14:10
  2. 2 Perubahan (yang Biasanya Terjadi) Sehabis Pemilu « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 6 Juli 2009 pukul 00:44
  3. 3 Kekuatan dalam Memilih Pikiran « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 10 Juli 2009 pukul 07:16
  4. 4 Kemampuan yang Seharusnya Ada pada Pemimpin « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 18 Juli 2009 pukul 08:07

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 114,739 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Heaven on Earth

Breaking Through the Langdales

Captured

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.