Inilah 3 Macam Kesiangan


Apabila dianalisis dengan cermat dan seksama (namun tidak serius), ternyata kesiangan itu terdiri dari 3 macam. Apa sajakah ketiga macam kesiangan tersebut? Simaklah dengan seksama (namun jangan terlalu serius) uraian berikut. Tiga macam kesiangan, yaitu: (1) kesiangan yang disengaja, (2) kesiangan yang agak disengaja, dan (3) kesiangan yang tidak disengaja.

(1) Ternyata ada ya kesiangan yang disengaja? Banyak sekali, saudaraku. Buktinya, dahulu alias baheula (sekarang mungkin sudah enggak) banyak oknum PNS yang ngantornya dengan semau gue. Seharusnya ngantor pukul 7, oleh karena merasa bekerja di kantor milik kakek neneknya maka datangnya jam 10. Mendingan kalau bekerjanya sungguh-sungguh, pulang jam 4 atau jam 5. Ternyata tidak!. Pukul 12.30 sudah gelisah, pantat mendadak jadi ambeien bin wasir. Alasan ini itu, lalu pulang. Jadi apa dan siapa sesungguhnya yang mereka layani ya? Mungkin sudah merasa tidak berasa dan memang mungkin sudah terlalu biasa.

Anehnya kalau di kantor-kantor swasta yang besar ternyata tidak seperti itu, pegawai swasta lebih berdisiplin. Bukan tidak ada, hanya sepertinya tidak akan membudaya seperti di kantor-kantor pemerintahan. Hal ini tiada lain karena kalau di swasta itu biasanya jelas dalam soal “reward and punishment“nya. Bolos segitu jam, ya potong saja gajinya, begitu contoh yang gampangnya. Hal inilah yang tidak diterapkan di kantor-kantor pemerintahan. Pegawai negeri itu santai, sebab gaji sudah fixed tiap bulan. Perkara bolos atau mangkir, wah, yang di atas juga sama saja mangkir, begitu biasanya alasan yang mereka argumenkan.

Sahabat dekat Saya kebetulan seorang pegawai negeri di Noname City. Dia bercerita, ada anak buahnya yang hanya bekerja (ngantor) 1 hari dalam sebulan, itu juga ngantor saat hari gajian saja. Beberapa kali dinasihati, tetap saja begitu. Alasannya hanya cukup dengan mengatakan, “Tidak punya ongkos Pak ….”
Dasar tidak punya malu.
“Kenapa tidak dikau marahi, atau dikau laporkan saja ke atasan?” kata Saya.
“Tidak berani,” jawab sahabat Saya, “Jelas tidak berani, dia itu kan saudaranya atasan saya, kang ….”
Wah, entahlah kalau begitu!

(2) Bagaimana dengan kesiangan yang agak disengaja? Kesiangan jenis ini sebenarnya tidak ingin kesiangan, tapi ada hal lain yang menyebabkan kesiangan. Contohnya kalau sedang musim sepak bola Piala Dunia, Piala Eropa, atau piala-pialaan. Bukankah semua orang (penggemar bola) juga tentu bukan ingin kesiangan, tapi ingin menonton sepak bola? Kadang-kadang semalam suntuk tidak tidur membela nonton sepak bola, meskipun tidak ada satupun dari pemain bola yang ditonton itu memiliki hubungan kekerabatan, persahabatan, atau apapun dengannya. Sudah dapat dipastikan besoknya pasti mengantuk berat. Jadilah kesiangan. Tidak disengaja kan kesiangan yang seperti ini? Tapi menonton sepak bolanya – yang menjadi mengantuk sampai kesiangan ngantor, itulah yang disengaja. Jadi, yang beginilah yang dimaksud dengan kesiangan agak disengaja itu.

(3) Yang ketiga, kesiangan yang tidak disengaja. Kesiangan jenis ini benar-benar tidak disengaja. Tentu saja kesiangannya juga tidak akan terus-terusan seperti contoh kesiangan yang disengaja di atas. Bisa saja malamnya ada yang sakit, terus harus kemit, tidak bisa tidur. Namanya juga musibah. Jadi kalau besoknya kesiangan, ya dimaklum, sebab bukan keinginannya dan bukan disengaja.

Di kampung, suka banyak sekali anak sekolah yang pada kesiangan. Alasannya juga kuat, membantu pekerjaan orang tuanya. Maklum anak di kampung, meskipun masih kecil, banyak yang sudah diandalkan untuk membantu orang tuanya. Mengambil rumput buat kambing lah, mengambil air bersih lah, membelah kayu bakar lah, dan sebagainya. Karena begitu mungkin karena terdorong oleh keadaan. Kalau orang tuanya serba berada, masa tega anaknya harus mengerjakan pekerjaan orang dewasa sampai menjadikan kesiangan sekolahnya segala. Namun mau bagaimana lagi. Oleh sebab itu, guru-guru di sekolah pun sudah memaklumi kesiangan jenis ini, soalnya pemerintah belum bisa memakmurkan semua rakyatnya.

Meskipun begitu, kalau keseringan, kesal juga pak Guru. Saperti halnya kisah si Dodo anaknya Mang Abun. Dodo hampir setiap hari kesiangan. Memang sebenarnya sebelum sekolah Dodo suka bekerja dulu membantu orang tuanya. Hanya saja karena terlalu sering, hampir tiap hari, pak Guru akhirnya marah juga.
Ketika si Dodo kesiangan lagi, pak Guru membentak, “Habis ngapain dulu kamu Dodo? Itu yang lain sudah mengerjakan hampir sepuluh soal, ini malah baru datang!”
“Eu.. euh..maaf pak Guru, saya pulang dari mengawinkan dulu kambing barusan..” si Dodo menggigil.
”Mengawinkan kambing? Kenapa bukan oleh bapakmu saja yang begituan?” , balas pak Guru makin menggebu.
”Eu..eu..nggak bisa dong pak, harus oleh kambing lagi…”, si Dodo memelas bingung, setengah marah. Tega benar pak Guru, masa kambing mau kawin harus sama bapaknya!!

25 Responses to “Inilah 3 Macam Kesiangan”


  1. 1 candradot.com 24 Juni 2009 pukul 05:31

    waakakka….
    soal kambing cerita beneran tuh…

    • 2 Acha 24 Juni 2009 pukul 16:00

      beneran curhatnya si Dodo kepada sy..
      hehe..
      _salam anget_

  2. 3 M. Arief Maulana Wiranegara 24 Juni 2009 pukul 05:39

    kalo saya ngga kesiangan mas, tapi kepagian bangunnya… hehehe

    • 4 Acha 24 Juni 2009 pukul 16:04

      ship subuh ya mas..hehe..
      _salam anget_

  3. 5 Bang Dje 24 Juni 2009 pukul 08:33

    Ada juga lho orang yang tiap hari kesiangan tapi tetap ga ngerasa. Karena pola hidupnya memang seperti itu …
    Kalo yang suka ngalong (siang tidur malam kelayapan) ga ada istilah kesiangan, tapi kesorean …

    • 6 Acha 24 Juni 2009 pukul 16:09

      enak jg ya yg ngalong, ga pernah kesiangan …

  4. 7 guskar 24 Juni 2009 pukul 08:51

    tidak sedikit pegawai yg sengaja kesiangan, tp begitu sampai kantor membuat alasan seolah2 kesiangannya itu nggak disengaja😛

    Abula45:
    bener kang, hal itu sungguh terjadi..
    _salam anget_

  5. 8 Cara Buat Web 24 Juni 2009 pukul 09:44

    Iya, memang banyak alasan kesiangan tapi kalo yang nomer tiga atau terakhir itu, sungguh benar-benar gk baik!

    Abula45:
    #3 sepertinya udah ga mungkin terjadi di zaman sekarang😀
    _salam anget_

  6. 9 Saka 24 Juni 2009 pukul 10:57

    jadol teh, keur serius maca – eh nomer tilu tungtungna ngomongkeun embe – dooooohhhhh
    katipuuuu……👿

    Abula45:
    seperti yg sy katakan di awal tulisan jangan terlalu serius😀
    _salam anget_

    • 10 dedekusn 24 Juni 2009 pukul 15:00

      Kenapa kang saka… janganmarah-marahdirumah orang kang… mau embe-nya si DODO ya?

      Abula45:
      sepertinya begitu.. mungkin sekarang kambing si Dodo sudah punya incu yg banyak …😀
      _salam anget_

  7. 11 ~noe~ 24 Juni 2009 pukul 13:41

    idem sama guskar
    jiahaaha…
    ada satu unit di perusahaan tempatku bekerja yang pegawainya ndak pernah kesiangan.
    bukan karena mereka hebat, tapi unit ini hanya beroperasi pada malam hari. jadi kalopun terlambat, mereka hanya kemalaman, bukan kesiangan…

    Abula45:
    kade ah kalo kemalaman, sok loba sanekala…😀
    _salam anget_

  8. 12 Eka Situmorang-Sir 24 Juni 2009 pukul 13:43

    Baru tau kesiangan ada beberapa kategori hehehe
    soal yg PNS yaaaaaaa begitulah.
    masih pd begitu gak sih pak skr?

    endingnya kocak pak🙂
    salang tangkep tu si anak soal bapak kambing hahaha

    Abula45:
    kalo kt sahabat dr Noname City, ya begitulah…
    soal si Dodo yg salah tangkap, itu krn konsentrasinya sdh hilang, sdh lelah dibentak guru pula .. belum lagi test yg udah hampir tuntas..😀
    _salam anget_

  9. 13 kenangamu 24 Juni 2009 pukul 14:34

    aku selalu always kesiangan…

    acha..
    kenanga mau pamit nih.
    ada tugas kerajaan yang haruys dielesaikan..

    Abula45:
    kesiangannya macam yg mana nih?

    duh sang putri sdg mengemban titah sang raja, gud lak aja deh ..😀
    _salam anget_

  10. 14 dedekusn 24 Juni 2009 pukul 14:56

    Saya kesingan komentnih …
    yang namanya kesingan mau lama atau bentar tetapsaja kesiangan😀

    Salam ka ksi DODO😀

    Abula45:
    salam kenal juga ceuk si Dodo bari heuay.. tunduheun ciganamah tah si Dodo teh …😀
    _salam anget_

  11. 15 jamil 24 Juni 2009 pukul 18:15

    saya mah langkung resep carios anu no.3…hese tah milarian picarioseun kitu teh…hehe3x

    Abula45:
    nuhese-hese ciganamah karesep akang nya…😀
    _salam anget_

  12. 16 mashengky.com 24 Juni 2009 pukul 20:17

    di ciburial masih banyak kambing ya? hehehe… kirain banyak cafe

    Abula45:
    banyak kambing ..wah itu mah cerita dulu mas.. sekarang kambing jadi binatang langka di ciburial ..😀
    _salam anget_

  13. 17 wpresell 24 Juni 2009 pukul 20:34

    kesiangan no 1, masih banyak lho. tu yang di daerah terpencil, kontrol kurang… bukan pesimis nih, tapi sy lihat sendiri…bisa berubah dari diri masing2…
    btw posting bagus…

    Abula45:
    yoi .. reward and punishment sepertinya cukup efektif tuk dijadikan perangkat kontrol … dan semua kembali ke individu masing2 ..
    _salam anget_

  14. 18 KangBoed 24 Juni 2009 pukul 21:11

    waaaaaaaaaah kemalamaaaaan yaaaa.. ya udah besok balik lagi daaah..
    Salam Sayang

  15. 19 Ariyanti 24 Juni 2009 pukul 22:36

    Kesiangan? Sering… hehehe…
    Kadang dilakukan secara sadar, kadang gak sadar juga… Karena aku kerja di perusahaan swasta, pasti kena sanksi, huehuehue😛

  16. 20 ichsan wahyudhi 24 Juni 2009 pukul 23:05

    Kesiangan, adalah sebuah pekerjaan yang sangat menjengkelkan. Udah pasti, KENA MACEEET lalu mencari-cari ALASAN karena kesiangan…!!!

  17. 21 rizoa 25 Juni 2009 pukul 00:31

    aku sering kesiangan gara2 onlen…wkwkwk

  18. 22 mas stein 25 Juni 2009 pukul 11:48

    kesiangan bener-bener musibah kalo buat saya om, lha wong potong bayaran, jadi ndak penting alasannya apa. kesiangan adalah kesiangan!😯

  19. 23 belajar wordpress 25 Juni 2009 pukul 15:05

    Kalo begitu, jangan sampe kesiangan lagi donk.

  20. 24 Hariez 26 Juni 2009 pukul 00:03

    jiakakakaka….kalo aku masuk kategori yang mana ya *mesem mode on*😀

    -salam- ^_^

  21. 25 zulhaq 27 Juni 2009 pukul 21:17

    kalo saiah kesiangannya selalu di sengaja karena itu merupakan bagian dari hobby hi hi hi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto