PERENCANAAN Adalah SOLUSI dari KETERBATASAN


Setiap manusia pasti mendambakan kehidupan yang lebih baik. Dambaan tersebut merupakan kehendak manusia yang paling hakiki. Akan tetapi, daya dukung (sumber daya) untuk mencapai dambaan itu, ternyata sangat terbatas. Selain itu, dinamika kehidupan manusia pun membawa persoalan tersendiri dalam upaya pencapaian kehidupan yang lebih baik.

Kehidupan yang lebih baik serta segala keterbatasan untuk mencapainya ternyata merupakan perputaran masalah yang tiada henti. Sebab – akibat yang tiada pernah akan putus.

Itulah sebab diperlukan pengambilan keputusan yang bijaksana dan rasional untuk memanfaatkan sumber daya yang serba terbatas dalam upaya meraih kehidupan yang lebih baik. Tanpa hal itu, manusia tidak akan bertahan hidup. Hal itu pula, yang menjadi langkah awal sebelum menentukan pilihan untuk melaksanakan sesuatu demi mencapai harapan hidupnya. Nah, proses inilah yang disebut Perencanaan.

Perencanaan dalam kehidupan manusia merupakan satu mata rantai penting dalam siklus kehidupan manusia. Jika kesejahteraan ingin dicapai dalam suasana keterbatasan, manusia harus membuat perencanaan.

Sumber daya itu terbatas. Manusia itu berhak menikmati kesejahteraan. Oleh karena itu, PERENCANAAN adalah SOLUSI dari KETERBATASAN.

Demikian, selamat memaknai.

19 Responses to “PERENCANAAN Adalah SOLUSI dari KETERBATASAN”


  1. 1 Ferry Prima 22 Juni 2009 pukul 01:04

    plan do work..🙂 No plan : No fixed future…

    aniway, salam kenal yah. tengs dah main ke blog gue😀

  2. 2 Ardy Pratama 22 Juni 2009 pukul 03:24

    stuju.. mmbuat pncanaan. Trlbih untk masa dpan..

  3. 3 aNGga Labyrinth™ 22 Juni 2009 pukul 08:12

    Yups.. bener banget

    malah diriku berprinsip : gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan untuk gagal

    apalagi tanpa rencana, sama dengan bunuh diri kali🙂

  4. 4 angga chen 22 Juni 2009 pukul 10:42

    setuju kadang perencanaan itu sama juga memulai langkah pertama mewujudkan suatu gagasan ! thanks ya

  5. 5 wiwinds 22 Juni 2009 pukul 11:50

    dengan perencaanaan ,akan mendekati kesuksesan,sebab adanya kegagalan karena perencaan nggak matang……

    suksess pak acha.

  6. 6 tiara 22 Juni 2009 pukul 12:06

    di pagi hari ini, aku berkunjung kepada beberapa blog, dan diantara blog yang paling aku suka serta penuh harapan bahwa blog mu ini akan menjadi blog yang terdepan di hari esok…posting terus bro aku akan kembali, o iya jangan lupa pasang link ku atau follower ya. aku akan kembali lagi..good luck’s for u

  7. 7 Eka Situmorang-Sir 22 Juni 2009 pukul 12:41

    Teringat suatu pepatah
    “Jika kamu salah merencanakan maka kamu sedang merencanakan kegagalan itu sendiri”

    Nice pak🙂

  8. 8 kawanlama95 22 Juni 2009 pukul 15:02

    Setuju , perencanaan memang harus ada. tanpa perencanaan.hidup seperti mengawang awang.
    namun gimana bila rencana tidak sejalan dengan tindakan. Selamat siang, salam hangat

  9. 9 KangBoed 22 Juni 2009 pukul 17:19

    Segala sesuatu tergantung persiapan demikian juga hidup.. maka rencanakan baik baik hidup mu
    Salam Sayang

  10. 10 Ariyanti 22 Juni 2009 pukul 21:52

    Perencanaan oke, apalagi didukung eksekusi yg optimal, pasti poooll🙂

  11. 11 achoey 22 Juni 2009 pukul 22:25

    Dahsyat sobat
    Kalo ada yg menganggap kalo ada perencanaan malah gagal, itu jelas salah ya🙂

  12. 12 Ahmad 22 Juni 2009 pukul 22:30

    Perencanaan yg bagus adl setengah dari kesuksesan itu sendiri. Namun yg penting jg kita harus selalu mengawal rencana yg sudah disusun agar goalnya bs dicapai dg cepat.

    Nice posting mas

  13. 13 Hariez 22 Juni 2009 pukul 23:37

    aku sangat setuju dengan tulisanmu.. dan betul kata Kang Achoey keliru jika orang menganggap membuat rencana itu selalu gagal itu salah.. nice sob😀

    -salam- ^_^

  14. 14 AeArc 23 Juni 2009 pukul 06:52

    stuju! merdeka! (lho?) :))

  15. 15 mas stein 23 Juni 2009 pukul 09:42

    karena keterbatasan maka perlu skala prioritas om

  16. 16 natazya 23 Juni 2009 pukul 11:11

    asal ga berhenti di berencana dan rencana saja😀

  17. 17 wi3nd 24 Juni 2009 pukul 13:34

    yupz,stujaaa…🙂

    kalu 9a9aL ya hanyalah sebuah imbas dari perencanaan yan9 kuran9 baik,brarti harus lebih baik la9i🙂

  18. 18 sundri 1 Mei 2010 pukul 10:20

    setuju, memang dalam kehidupan baik dilingkungan keluarga, perusahaan dan lainnya harus membuat suatu perencanaan, dan bagaimana cara mengatasi supaya perencaaan itu terlaksana, tanpa perencaaan setiap usaha tidak akan berhasil, cuma di dukung dengan 3 prinsip yaitu, kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdas,

  19. 19 David Kowalski 26 Mei 2011 pukul 03:37

    Wonderful work! This is the type of information that should be shared around the net. Shame on the search engines for not positioning this post higher! Come on over and visit my website . Thanks =)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,483 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Trillium Lake Alpine Glow

Chin Scratching Short-eared Owl

Arrow . . .

Lebih Banyak Foto