MEMAKNAI NAMA DIRI


Begitu manusia dilahirkan di bumi ini, properti yang pertama kali diberikan oleh orang tuanya adalah “nama diri” (antroponim). Dengan nama diri ini dimulailah terbangunnya suatu jaringan komunikasi antara orang tua dengan anaknya sepanjang masa. Nama diri berperan vital sebagai salah satu perangkat jaringan komunikasi antara diri dengan lingkungannya. Selain itu, nama diri juga merupakan tanda konvensional, dalam hal pengidentifikasian sosial.

Nama diri akan senantiasa melekat terus pada setiap individu sampai meninggal. Contoh kongkritnya: nama diri dipakai untuk identitas diri, baik dalam Kartu Tanda Penduduk, SIM, Paspor dan semua bukti identitas diri lainnya, termasuk di batu nisan kelak.

Kita dapat kehilangan apa saja, harta benda, dan lain-lain, tetapi tidak akan kehilangan nama diri. Oleh karena itu, jaga dan peliharalah dengan baik properti yang akan senantiasa melekat pada diri tersebut.

Nama diri bukanlah properti yang biasa-biasa saja. Selain mengandung makna, nama diri merupakan simbol yang memiliki latar belakang. Ada amanah tersurat dan tersirat dalam nama diri yang kita sandang.

Demikian, selamat memaknai nama diri.

27 Responses to “MEMAKNAI NAMA DIRI”


  1. 1 WANDI thok 16 Juni 2009 pukul 02:42

    Betul mas, bahkan besok di padang mashar, kita akan dipanggil dengan nama bapak kita. Misalkan Wandi bin Kartono.😀 Nama ndesit bin jelek yah. Mo gimana wong bapakku itu sudah keburu dijemput malaikat ketika aku baru kelas 1 SD. Jadi nggak bisa deh ngganti.

    Abula45:
    kenapa diganti pak?
    _salam anget_

  2. 2 domba garut! 16 Juni 2009 pukul 04:59

    jadi ingat pepatah: “apalah arti sebuah nama…?:-)”

    banyaklah artinya.. trims buat postingan yang satu ini, salam hangat dari si kampret di afrika barat!..

    Abula45:
    wow domba garut ternyata diekspor sampe Ke Afrika Barat , pake bj kampret juga.. beu😀
    _salam anget_

  3. 3 kawanlama95 16 Juni 2009 pukul 05:18

    nama adalah doa , jadi dari nama itu mungkin akan menjadi sebuah kekuatan besar.Insya Allah nanti aku akan beri nama yang bagus dan indah kalo punya Anak . Ya moga dapet istri dulu neeh. Amien

    Abula45:
    moga dapat segera ketemu jodohnya, nikah, and punya anak. Jangan lupa kasih nama yg bagus tuk anaknya…
    _salam anget_

  4. 4 AlvienRizki 16 Juni 2009 pukul 05:34

    bener bener.,.. setuju banget aku sama mas…😀

    Abula45:
    klihatan kok .. tuh manggut2😀
    _salam anget_

  5. 5 bocahbancar 16 Juni 2009 pukul 05:39

    Hhmm….
    Kata Ibunda saya, Nama Joko Setiawan ini adalah nama satu2nya yang diberikan oleh Ibu saya sendiri, padahal saya bersaudara….

    Bangga dengan nama ini..🙂

    Abula45:
    ya.. pd nama yg kita sandang ada sejarah yg bermakna …
    _salam anget_

  6. 6 mascayo 16 Juni 2009 pukul 06:07

    Semakin kesini saya semakin mengerti makna nama diri saya … hehehe
    kehidupan mengajarkan dengan sendirinya🙂

    Abula45:
    begitulah kehidupan …
    _salam anget_

  7. 7 kenyo 16 Juni 2009 pukul 08:23

    nama saya suryo berarti cahaya, biar bisa bersinar gitu mas, thanks 4 coming….

    Abula45:
    nama yg sarat akan makna… selamat memaknai nama Anda mas …
    _salam anget_

  8. 8 kenanga 16 Juni 2009 pukul 08:51

    pagi kawan…..

    nama Putri Kenanga diberikan oleh Oma Opaku..
    karena tradisi dalam keluarga kalo anak pertama itu yang memberi nama Opa sama Oma..

    dan nama Putri Kenanga itu sendiri diambil dari film Malaysia dimana putri kerajaannya bernama Kenanga..

    itulah sejarah namaku,, ntah apa artinya tapi aku sangat bangga memiliki nama ini karena kebanyakan orang mendengar nama Kenanga itu katanya aneh N jarang..

    hehehehe
    jadi narsiz…

    Abula45:
    nama yg bersejarah kawan .. sejarah yg kan selalu dingat..
    _salam anget_

  9. 9 wahyu ¢ wasaka 16 Juni 2009 pukul 11:01

    Gajah Mati Meninggalkan gading.
    Manusia mati meninggalkan …???

    Abula45:
    meninggalkan apa hayoo..??
    _salam anget_

  10. 10 guskar 16 Juni 2009 pukul 12:35

    menjunjung tinggi2 nama diri agar nggak pernah tercemar, dan dengan bangga kita sematkan di dada sebagai nama baik sbg cermin harga diri

    Abula45:
    mantaps mas.. nama baik diri, nama diri, adalah harga diri kita..
    _salam anget_

  11. 11 Cara Membuat Web 16 Juni 2009 pukul 13:19

    Iya benar, nama itu sangat penting dan bersejarah, jangan bikin nama kita menjadi rendah di mata orang lain, karena akan menjadi sejaran dan bisa juga menajdi do’a, tapi bagi orang tua yang ngasih nama anaknya, saya saranin jangan sembarang kasih nama, kalo kasih nama yang ada artinya yang bagus begitu!

  12. 12 AeArc 16 Juni 2009 pukul 15:28

    setuju sama komen yang diatas! :))

  13. 13 suwung 16 Juni 2009 pukul 17:15

    kalo diriku soewoeng alias suwung alias kosong
    so maknanya apa ya? karena otakupun kosong

  14. 14 sugiman 16 Juni 2009 pukul 18:40

    Sugiman:
    Su=bagus
    Giman= suka memberi
    jadi artine : suka memeberi itu bagus..hehe ngawur

  15. 15 zoel 16 Juni 2009 pukul 23:35

    nama saya mah lebih keren😀 zulfikar = pedang nabi muhammad katanya sich

  16. 16 Ariyanti 16 Juni 2009 pukul 23:49

    Pantesan ya, banyak orang tua yg ngomel2 kalau nama anaknya diganti2. Contoh paling banyak ketika sekolah, banyak panggilan2 aneh bin ajaib yg muncul, baik itu berasal dari teman2nya, atau diklaim oleh diri sendiri, supaya terlihat keren, asik, dsb.
    “Wong udah dikasih nama bagus2 kok malah diganti2”

  17. 17 Ardy Pratama 16 Juni 2009 pukul 23:53

    Ardy = Bumi = Earth…😀

  18. 18 achoey 16 Juni 2009 pukul 23:54

    Benar sekali sahabat
    Dahsyat

    http://sangsahaja.blogdetik.com

  19. 19 dawiecool 17 Juni 2009 pukul 00:00

    kalau saya malah lebih suka dengan nama buatan sendiri.. gimana ya jadinya?

  20. 20 andi 17 Juni 2009 pukul 00:07

    bukankah nama pemberian orang tua itu adalah do’a🙂 CMIIW

  21. 21 angga chen 17 Juni 2009 pukul 06:10

    setuju…menjaga nama baik itu bukanlah hal yg mudah…thanks

  22. 22 Muzda 17 Juni 2009 pukul 07:18

    Pernah waktu kecil aku menginginkan nama lain, sesuatu yang lebih pop.
    Tapi semakin beranjak besar, doa yang dititipkan orang tuaku pada nama ini ternyata membuatku bangga menyandangnya, walau katanya aku sering sakit-sakitan waktu kecil karna keberatan menyandang nama.

  23. 23 Abdul Cholik 17 Juni 2009 pukul 22:43

    -Saya pernah menulis di blog tentang nama.Intinya orangtua wajib memberikan nama yang baik untuk anak-anaknya.
    -Blog mantap dan berkualitas
    -salam dari Surabaya

  24. 24 Huang 18 Juni 2009 pukul 13:30

    napa nama anak sekarang lebih keren2 ya??

  25. 25 Eka Situmorang-Sir 20 Juni 2009 pukul 11:01

    Pak, gak afdhol nih..
    jadi arti nama bapak apa dunk ?

    namu ku sudah jelas maknanya eka = PERTAMA

    Abula45:😀 ga afdol ya…
    Abula = PERTAMA, kok sama ya…😀
    _salam anget_

  26. 26 FERI ANGGRIAWAN 17 Oktober 2014 pukul 06:16

    Hal yang paling sulit dalam sebuah kehidupan adalah mengalahkan diri sendiri.

  27. 27 MAULINA RAHMAWATI 11 Februari 2015 pukul 20:22

    Penyebab kanker serviks Kanker serviks juga disebabkan oleh virus. Virus yang menjadi penyebab kanker serviks adalah virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari tipe di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Selain disebabkan oleh virus HPV selsel abnormal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan dari radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto