Antara MASALAH dan PELUANG


Ketika di seluruh Pulau Madura listrik padam karena kabel bawah lautnya putus akibat tertabrak kapal; banyak orang kemudian berkeluh kesah, marah, dan mengeluarkan sumpah serapah menghadapi masalah kegelapan tersebut. Apalagi setelah ada informasi bahwa untuk memperbaiki kerusakan tersebut, ternyata akan memakan waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, tidak demikian halnya dengan mereka yang memiliki jiwa wirausaha. Mereka segera mencari sumber modal dan pergi ke Surabaya untuk memborong bertruk-truk lilin, lampu teplok, senter dan generator mini, — karena mereka melihat masalah kegelapan sebagai peluang. Pada umumnya orang melihat kegelapan karena listrik padam itu sebagai masalah dan sumber kekecewaan semata. Hanya sebagian kecil orang yang melihat peluang untuk mendapat untung ratusan juta dari masalah kegelapan dengan “menjual terang” di malam hari (berdagang lilin, lampu teplok, senter), dan daya listrik pengganti (generator mini) untuk mereka yang mampu.

n.b.: Bagi Anda yang mempunyai contoh lainnya, mengenai MASALAH dan PELUANG dalam konteks wirausaha? Silakan Anda tuliskan dalam komentar. Komentar Anda sangat bermanfaat sekali bagi Saya dan rekan-rekan Saya di desa yang sedang berusaha memberdayakan diri melalui kegiatan wirausaha.

21 Responses to “Antara MASALAH dan PELUANG”


  1. 1 angga chen 14 Juni 2009 pukul 00:48

    waduh ..artikelnya oke juga…kalo menurut saya melihat suatu peluang itu mutlak..tetapi peluang saja tidak cukup..ada faktor faktor lain yang juga menentukan salah satunya kesiapan dan perencanaan yg benar benar matang serta antisipasi resiko ..jika peluang itu ternyata tidak berjalan dengan semestinya…! thanks

  2. 2 al-sabaliny 14 Juni 2009 pukul 04:48

    Akan lebih baik lagi bila kita mampu menciptakan peluang baru

  3. 3 ronggo 14 Juni 2009 pukul 05:14

    padar berisi banget ni tulisan

  4. 4 mamas86 14 Juni 2009 pukul 05:50

    Hehehehehe… ternyata disetiap masalah itu ada peluang ya…? Tinggal bagai mana kita, apakah bisa memanfaatkannya atau tidak

  5. 5 Dinda Watson 14 Juni 2009 pukul 06:28

    Mencari peluang diantara masalah

  6. 6 wahyu am 14 Juni 2009 pukul 07:20

    peluang? banyak. tp sulit untuk membuat peluang itu bermanfaat bagi kita😆

  7. 7 wahyu ¢ wasaka 14 Juni 2009 pukul 10:41

    TOPBGT Artikel nya… memang kita tidak sadar dalam menghadapi masalah. padahal di dalam masalah ada peluang…
    seperti pepatah : habis gelap terbitlah terang
    *nyambung ngga….

  8. 8 Akmal Online 14 Juni 2009 pukul 11:17

    Bener juga ya..
    Ternyata ada peluang di setiap masalah..
    Ide bagus nih..

  9. 9 easy 14 Juni 2009 pukul 13:33

    itulah jika kita berfikir smart.
    selalu bisa membaca peluang dari segala kesempatan.

  10. 10 ditter 14 Juni 2009 pukul 14:52

    mmm… itu mencari keuntungan dibalik penderitaan orang ato gimana ya, hehe…

    wirausaha.. ayo kita yakinkan diri untuk menggelutinya! manfaatnya banyak banget soalnya, hehe…

  11. 11 Cara Membuat Website 14 Juni 2009 pukul 18:14

    peluang bisa datang dimana saja…
    tergantung bagaimana kita mensiasati peluang tersebut…

    sebuah arikel motivasi untuk memanfaatkan setiap peluang menjadi laang usaha yg menghasilkan uang…

    thx wat infonya yah😀

  12. 12 andipeace 14 Juni 2009 pukul 20:31

    info yg bermanfa’at……thanks ya….
    akan slalu saya ingat jika ada problem n slalu berusaha mencari peluang diselah problemku.

  13. 13 chrysanti 14 Juni 2009 pukul 21:40

    sebenernya kesempatan baik itu emang slalu ada. tp terkadang tertutup sama ketakutan dan negative thinking duluan..

  14. 14 WANDI thok 14 Juni 2009 pukul 21:45

    Contone gampang mas :
    Dengan adanya masalah bu Prita, maka hampir setiap blogger memanfaatkan untuk meluangkan waktu mengapdet blognya.🙄 Ya kan?

  15. 15 WANDI thok 14 Juni 2009 pukul 21:48

    Meneh :
    Di sekolahku ini angkatan lulusan anyak SMP banyak, maka kugunakan untuk membuka peluang menerima pembantu rumah tangga dalam bagi yang membutuhkan. Anda mau?🙄😀

  16. 16 aNGga Labyrinthâ„¢ 14 Juni 2009 pukul 22:21

    Istilah lain dari mencari kesempatan dalam kesempitan
    Tapi dalam konteks lain yang lebih positif

    Klo lagi ada pertandingan sepakbola antar klub di jakarta atau di stadion manapun, sebenernya kita bisa jualan golok di pintu masuk stadion. karena biasanya bakal terjadi kerusuhan😀

  17. 17 ariosaja 14 Juni 2009 pukul 22:31

    Sungguh cukup bijak untuk menyikapi suatu masalah…

  18. 18 Ariyanti 14 Juni 2009 pukul 23:25

    Hhhmmm… Ternyata di Indonesia banyak orang2 yg kreatif🙂
    Salam kenal, tukeran link yuk🙂

  19. 19 Huang 15 Juni 2009 pukul 00:27

    kalo misalnya ada temen yang nangis dan butuh tissue.. saya kasih deh tissue.. tapi inget.. selembarnya 500 rupiah😀

    ini masalah dan peluang kan?:mrgreen:

  20. 20 achoey 15 Juni 2009 pukul 15:20

    dahsyat

  21. 21 dymaslucky 17 Juni 2009 pukul 12:15

    peluang hanya akan dapat diliat oleh orang2 yg berpikir positip, kreatif, serta keinginan untuk lebih maju dan berkembang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto