DESA CIBURIAL ingin MANDIRI


desa_ciburial_mandiri_logoDesa Ciburial Mandiri (makmur, aman, disiplin, dan religius); sebuah cita-cita, harapan, dan impian yang ingin diwujudkan. Desa yang tidak sebatas menjadi tempat hidup (tinggal), namun sebuah desa yang menjadi tempat hidup dan penghidupan bagi masyarakatnya (penghuninya).


Makmur

Masyarakat Desa Ciburial yang makmur bukan berarti masyarakat yang sama rata dan sama kaya, karena sama rata dan sama kaya tidak mungkin terjadi. Sudah menjadi sunnatullah bahwa akan selalu ada perbedaan keadaan seseorang, di mana pun dan kapan pun, di dunia ini.

Masyarakat yang makmur adalah masyarakat yang hidupnya proporsional. Perbedaaan yang tampak tidak akan mendatangkan kecemburuan sosial, melainkan justru sebaliknya, akan menghasilkan kasih sayang karena saling membantu satu sama lain.

Orang kaya yang makmur adalah orang yang tidak memamerkan kekayaan. Dengan begitu, ia tidak menyakiti hati orang miskin. Orang kaya yang makmur adalah orang yang tidak memperdayai dan mengekploitasi orang lemah untuk semakin memperkaya dirinya.

Orang kaya yang makmur adalah orang yang sadar bahwa kekayaannya hanyalah titipan semata, sehingga gaya hidupnya proporsional, meraba keadaan dan perasaan masyarakat di sekitarnya. Orang kaya yang makmur adalah orang kaya yang memanfaatkan kekayaannya untuk memberdayakan lingkungannya, sehingga ia menjadi pribadi bermanfaat yang dicintai masyarakat.

Begitu pula orang yang memiliki keterbatasan materi, namun memiliki jiwa yang makmur, hidupnya akan dijalaninnya dengan tetap menjaga harga dirinya untuk tidak meminta-minta, mau bekerja keras dengan cerdas, dan tidak ada rasa dengki sedikit pun terhadap orang yang diberi kekayaan lebih dari dirinya.


Aman

Keindahan, kemuliaan, kesehatan, ketenteraman, dan kehormatan tidak pernah singgah di suatu wilayah yang tidak aman. Begitu pula jikalau Desa Ciburial tidak aman, tidak ada gunanya bangunan yang megah, program yang muluk, dan keinginan yang banyak, sehingga mutlak kuncinya adalah keamanan. Aman dari apa saja?

  • Aman dari sampah. Masyarakat Desa Ciburial harus menjadi masyarakat yang bersih dan cinta hidup bersih. Harapannya Desa Ciburial betul-betul bersih, bebas dari sampah, dan menjadi tabiat terhormat masyarakat Desa Ciburial.
  • Aman dari kemusyrikan. Diharapkan masyarakat Desa Ciburial betul-betul menjadi masyarakat yang memiliki keyakinan yang benar kepada Allah Swt., berakal sehat, dan memiliki iman yang kokoh, yang terbukti dari perilaku akhlak yang baik.
  • Aman dari kemaksiatan. Sungguh pedih hati, merah telinga, andaikata orang yang ingin berbuat nista yang diingat adalah suatu tempat di wilayah Desa Ciburial. Tidak pernah ada kehormatan dan keberkahan bagi tempat berlumur maksiat. Oleh karena itu, masyarakat Desa Ciburial akan senantiasa menjungjung tinggi kehormatannya dengan menjadikan Desa Ciburial sebagai desa yang aman dari kemaksiatan.
  • Aman dari kebusukan hati. Warga desa yang tidak sombong, tidak gemar riya dan pamer, tidak diselimuti kedengkian satu sama lain, bahkan senang berkasih sayang akan membuat Desa Ciburail aman, nyaman, dan disukai.
  • Aman dari korupsi. Korupsi adalah kejahatan yang amat keji sehingga melumpuhkan perekonomian, menutup lapangan kerja, dan memiskinkan masyarakat. Maka dari itu, menjadikan citra Desa Ciburial bebas dari korupsi adalah hal yang mutlak dilakukan.

Disiplin

Tidak ada kesuksesan tanpa kedisiplinan dan ketaatan. Sungguh hanya mimpi jika rindu kebahagiaan, tapi menjalani kehidupan dengan tidak tertib. Lihatlah kondisi jalan yang semrawut, PKL yang kurang tertata, pengguna jalan yang semau gue, dan banyak hal lainnya yang membuat pusing tujuh keliling, dan menjadikan ketidak-nyamanan yang merupakan buah dari ketidak-disiplinan.

Oleh karena itu, bila ingin menjadikan tempat tinggal nyaman, aman, dan tenteram, setiap penghuninya harus berupaya keras untuk menjadi penghuni yang tertib menjaga kedisiplinan, yaitu:

  • Disiplin terhadap Allah. Diharapkan masyarakat Desa Ciburial menjadi masyarakat yang religius dan ahli ibadah, sehingga tercermin dari pribadi masyarakatnya yang senantiasa terpelihara dari perbuatan keji dan munkar. Kedisiplinan masyararakat kepada Allah akan tampak dari akhlaknya sehari-hari. Kemampuan menjaga diri dari perbuatan tercela menjadi bukti masyarakat yang disiplin terhadap Allah.
  • Disiplin terhadap atuaran lalu lintas. Lalu lintas yang disiplin akan membuat penghuni desa menikmati keberadaan desa yang masih terbatas fasilitasnya.
  • Disiplin membayar pajak. Mudah-mudahan akan menjadikan pembangunan Desa Ciburial lebih lancar.
  • Disiplin terhadap aturan kehidupan kemasyarakatan. Hal ini diharapkan dapat menjadikan masyarakat yang tertib serta bisa menikmati dan merasakan kesuksesan bersama.

Akan tetapi, kunci dari semua kedisplinan ini harus diawali dengan keteladanan dari para pemimpin, para tokoh, dan para orang tua di Desa Ciburial. Kedisiplinan akan tegak bila diawali dengan keteladanan. Tiada disiplin tanpa keteladanan, di samping pembinaan yang sistematis.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah upaya penegakan hukum yang adil dan konsisten. Untuk itu, masyarakat Desa Ciburial harus berjuang bersama agar Desa Ciburial menjadi desa yang hukumnya/aturan-aturannya ditegakkan dengan adil dan konsisten.


Religius

Kehormatan dan keberkahan suatu tempat tidak mungkin terwujud jika tempat tersebut berlumur kemaksiatan. Jangan harap meraih kenyamanan, keamanan, dan ketenteraman bila kemaksiatan tumbuh subur dan memperoleh tempat aman. Mungkinkah betah tinggal di desa yang masyarakatnya berakhlak buruk?

Mungkinkah betah tinggal di desa yang senantiasa dihiasi dengan perbuatan-perbutan keji dan munkar? Jawabannya tentu : TIDAK!!!

Terjadinya kemaksiatan merupakan buah dari dicampakkannya nilai-nilai, norma, semangat, dan kaidah agama dalam kehidupan masyarakat. Betapa mengerikan kondisi Desa Ciburial bila kemaksiatan merajalela di setiap tempat di wilayah Desa Ciburial. Akan tetapi, hal tersebut tidak mungkin terjadi bila masyarakat Desa Ciburial senantiasa memelihara diri dari perbuatan keji dan munkar yang merupakan pencerminan dari pribadi masyarakat yang ahli ibadah dan religius.

Masyarakat Desa Ciburial diharapkan menjadi masyarakat yang religius dan ahli ibadah. Suatu kondisi kehidupan desa, dimana setiap pelaksanaan aktivitas kehidupannya senantiasa dijiwai, diwarnai, diruhi, dan dipedomani oleh nilai-nilai, norma, semangat, dan kaidah agama (khusunya Islam yang diyakini dan dianut serta menjadi karakter dan identitas masyarakat Desa Ciburial).

desa_ciburial_mandiri

Desa Ciburial Mandiri (makmur, aman, disiplin, dan religius) harus menjadi cita-cita dan tujuan bersama, masyarakat Desa Ciburial, yang insyaAlloh akan terwujud bila masyarakat Desa Ciburial sepakat dalam kebaikan dan kebenaran serta berjuang keras bersama untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan tersebut.

11 Responses to “DESA CIBURIAL ingin MANDIRI”


  1. 1 achoey 3 Mei 2009 pukul 21:04

    Wah dasyat
    Desa yg hebat

  2. 2 Pencari Informasi 3 Mei 2009 pukul 22:11

    Sebuah desa impian yg pasti siapapun akan mendambakannya.
    sukses membangun desa = sukses membangun bangsa.

  3. 3 annosmile 4 Mei 2009 pukul 06:13

    dikembangkan menjadi desa wisata ya..

  4. 4 guskar 4 Mei 2009 pukul 10:43

    saya harus klik di sini dulu, spy tahu apa dan di mana desa Ciburial yang hebat itu.
    Smg cita-cita mengembangkan Ciburial MANDIRI segera terwujud dan menjadi contoh bagi desa2 yg lain di negeri ini.
    Sukses selalu untuk teman2 pejuang desa Ciburial

    • 5 Acha 4 Mei 2009 pukul 15:30

      Silakan klik di sini dan di sini spy tahu apa dan di mana Desa Ciburial itu.

      Amin, Thank’s atas komentar dan do’anya.

  5. 6 dumadia 17 Mei 2009 pukul 13:23

    oh gitu to,.. boleh sih namun singkronkan dengan material dan realitanya..

  6. 7 FARIDAH 17 Oktober 2014 pukul 06:11

    Gunakan waktumu dengan bijak dan jangan sia-siakan meskipun hanya satu menit.

  7. 8 MEGAWATI 11 Februari 2015 pukul 20:26

    potensi terjangkit kanker serviks sebetulnya cukup besar jika melihat betapa bervariasinya virus HPV yang ada. Oleh sebab itu ciriciri kanker serviks tersebut memang perlu diketahui dengan baik. Jika ada yang mengalami ciri kanker serviks di atas sebaiknya cepat memeriksakan diri untuk mengetahui benar tidaknya kanker serviks sedang menjangkiti tubuh karena semakin lambat pemeriksaan dilakukan semakin tidak jelas apa langkah yang mesti dilakukan.

  8. 9 EKA JULI TURNIP 16 Maret 2015 pukul 01:33

    Positive thinking is the key to get a peace even when you are facing the most difficult problem


  1. 1 Perubahan (yang Biasanya Terjadi) Sehabis Pemilu « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 6 Juli 2009 pukul 00:43
  2. 2 Sedikit Dokumentasi Kegiatan 17an « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 20 Agustus 2009 pukul 15:37

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto