PILAH PILIH INFORMASI


Informasi bisa menjadi obat dan bisa juga menjadi penyakit. Informasi bisa menjadi solusi dan bisa juga menjadi masalah.

Dalam Informasi terkandung penapsiran dan proyeksi. Informasi merupakan pengetahuan dalam bentuk fakta atau pendapat terolah yang diterima seseorang. Dari sudut penerima, informasi itu dianggap sebagai suatu proses yang terjadi di dalam jiwa manusia apabila suatu masalah dan data yang berguna untuk pemecahan datang kepadanya. Oleh karena itu, informasi adalah stimulus yang dipahami melalui inderanya.

Informasi merupakan fakta tunggal yang terpencil atau mungkin juga merupakan keseluruhan kelompok fakta. Akan tetapi, bagaimanapun juga informasi itu merupakan suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan konsep. Informasi merupakan kesatuan intelektual yang diterima, sebongkah “gedung pengetahuan”.

Informasi adalah hasil dari suatu proses. Informasi telah didefinisikan sebagai sebentuk pengetahuan. Tersirat dalam pengertian informasi itu konsep arus. Informasi itu bergerak dari seseorang kepada lainnya, yang apabila telah diserap, informasi itu berubah menjadi pengetahuan.

Dalam manajemen, informasi berguna untuk menunjang manajer dan pengawas dalam melaksanakan tugas dan membuat keputusan. Oleh karena itu, informasi haruslah memenuhi tiga syarat utama, yaitu: tepat waktu, relevan, dan dapat dipercaya.

Masalah besar dalam manajemen adalah pengorganisasian, pensintesaan, dan penyebaran informasi. Kebanyakan perusahaan dijangkiti penyakit ”pulau-pulau informasi”. Banyak orang mengetahui banyak hal, tetapi tidak ada sistem untuk menyatukan seluruhnya untuk diverifikasi dan diterapkan untuk tujuan-tujuan yang spesifik.

Ketidakpastian menyelimuti banyak persoalan yang menjadi tantangan seorang manajer. Penangkal bagi ketidakpastian adalah lebih banyak informasi yang relevan. Semakin banyak informasi yang tersedia, semakin lama waktu yang dibutuhkan untiuk memprosesnya.

Tidak semua informasi itu bermanfaat. Terlalu banyak informasi bisa menyulitkan dalam memisahkan yang bermanfaat dari yang tidak bermanfaat. Salah satu kunci dalam memproses informasi adalah bagaimana caranya agar selektif dalam mendistribusikan informasi ke setiap tingkatan manajemen.

Kalau Anda berusaha menjadikan sebuah komputer lebih cerdas dengan memberinya lebih banyak informasi, ia akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memprosesnya. Otak itu lebih lambat dari komputer. Jadi seperti komputer, otak manusia bisa menderita karena kelebihan informasi.

Agar informasi menjadi obat, agar informasi menjadi solusi: Pilah dan pilihlah informasi sesuai dengan kebutuhan!

10 Responses to “PILAH PILIH INFORMASI”


  1. 1 Mr.brox 12 April 2009 pukul 23:37

    Butuh Informasi yg lengkap Klik aja:
    http://easylnk.com/?7841

  2. 2 Bisnis Online 12 April 2009 pukul 23:43

    Informasi yg menarik.
    Numpang promo yah: Bila Butuh Panduan dlm berbisnis online, KlikDi Sini ya..

  3. 3 wahyuapriani 13 April 2009 pukul 14:57

    Iya, gk semua informasi yg kita terima itu bener. Harus pinter² nya kita memilah-milah biar kita gk puyeng…
    Salam kenal ya mas…

  4. 4 ekaria27 13 April 2009 pukul 16:42

    Great info !
    Tapi kalo komputer kebanyakan informasi jadi hang.
    Kalo otak manusia jadi apa ?
    Lemot ? Gila ? ato apa ?😉

  5. 5 Handoko Tantra 13 April 2009 pukul 20:17

    Kebanyakan informasi jadi tambah puyeng deh…he..he..
    Yang enak, apa yang ingin kita tekuni, maka fokuslah pada apa yang akan kita tekuni jadi ngga bakalan overload information deh…

    Salam Kenal dan Salam Spesial

  6. 6 ahmadinda 14 April 2009 pukul 16:12

    pekerjaan “memilih” bagi saya adalah sebuah keharusan karena hidup ini pada hakekatnya adalah sebuah pilihan, so.. kita harus selalu mengasah kemampuan untuk memilih

  7. 7 Acha 16 April 2009 pukul 01:55

    @ Mr.brox: thanks infonya
    @ Bisnis Online: karakter pebisnis promo terus nih
    @ wahyuapriani: salam kenal juga dan selamat memilah informasi
    @ ekaria27: lemot bisa, gila juga bisa ..
    @ Handoko Tantra : Salam Kenal dan Salam Spesial juga mas .. semoga sukses bisnisnya.
    @ ahmadinda : ngomong-ngomong tentang “memilih” tanggal 9 April ikut milih gak?

  8. 8 Sugiana 16 April 2009 pukul 21:24

    Di jaman banjir informasi seperti sekarang ini, memang diperlukan kecerdasan untuk bisa memilah dan memilih informasi yang benar-benar bermanfaat dan bisa mendukung kita supaya maju serta berkembang ke arah yang lebih baik.
    Makin banyak informasi yang bisa di serap, makin bagus asal kita bisa arif dan cerdas menyikapinya, jangan takut “overload”.
    Intinya : Pilah dan pilih dengan arif n cerdas.
    Salam sukses. Dahsyat !!!

  9. 9 Yossy Suparyo, 24 April 2009 pukul 22:30

    Kata Vickery, informasi merupakan kebutuhan yang tak terelakkan dalam ABAD ini. Ia menjadi jalan keluar masalah sekaligus masalah itu sendiri. Menarik kan!

  10. 10 drotournoralf 1 Juli 2009 pukul 16:37

    las vegas italian beads
    alarm clock on computer
    windows dependency tool
    windows xp computer voices
    champagne tenessee walkers for sale
    football pants s gold with black piping
    platinum tubing
    jewellery sri lanka engagement ring
    ubuntu photo print windows photo print
    woodlink squirrel resistant tubular bird
    cheap fet airfair
    how to add free prepaid minutes to accou


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,483 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Trillium Lake Alpine Glow

Chin Scratching Short-eared Owl

Arrow . . .

Lebih Banyak Foto