BELAJAR DARI PRINSIP DAN KIAT SUKSES



Orang-orang yang berhasil meraih suatu kesuksesan, secara umum memiliki kesamaan prinsip dasar. Mereka memiliki keyakinan yang kuat, kepercayaan yang tinggi, motivasi yang senantiasa besar, disiplin yang teguh, etos kerja yang baik, dan memiliki hubungan antar sesama manusia yang erat dengan penuh kesantunan. Selain itu, mereka juga memiliki visi, misi, serta memiliki tujuan hidup yang jelas dan spesifik. Mereka juga ulet, dinamis, tahan banting, sabar dan tidak gegabah.

Kita mungkin kagum pada pemain tenis, bulu tangkis, atau sepak bola, yang diusia muda telah menjadi juara dunia. Mereka tentunya memiliki motivasi yang besar serta tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan. Proses panjang telah mereka lalui untuk menggapai puncak kesuksesannya. Mungkin ribuan hari telah mereka lalui untuk melatih diri saat teman seusia mereka bersantai ria.

Kita pasti kagum pada Plato, penulis Yunani Kuno yang karyanya masih diminati hingga kini setelah ditulis ribuan tahun yang lalu; pada Mahatma Gandhi, yang prakarsa perdamaiannya menginspirasi orang di luar batas negerinya; pada Kahlil Gibran, penulis puisi yang syair-syairnya menyentuh kalbu pembacanya; pada Tanri Abeng, manajer satu milyar; pada , si raja Software; dan pada orang-orang yang telah meraih sukses gemilang.

Mulai saat ini, jangan berhenti pada level “kagum” itu. Pilihlah tokoh yang paling Anda kagumi, lalu pelajari jalan hidup mereka. Perhatikan proses perjuangan mereka untuk meraih prestasi yang Anda kagumi tu. Dan tidak kalah pentingnya adalah pelajarilah prinsip dan kebiasaan hidup mereka.

Beberapa studi telah dilakukan untuk mengetahui rahasia sukses atau keberhasilan. Pada awalnya, IQ (Intelligency Quotient), dinilai sebagai faktor dominan. Dalam IQ termasuk taraf kecerdasan, daya nalar, logika, daya ingat, daya antisipasi, kemampuan memahami konsep bahasa, hitungan, kemampuan analisis, dan kreativitas.

Setelah itu, mengemuka EQ (Emotional Quotient), yang memegang peran lebih penting. Mereka yang memiliki kematangan EQ mampu memecahkan masalah dan mengatasi masalah emosional dan sosial. Mereka lebih bisa mengendalikan amarah, memiliki kemampuan membangun relasi dengan orang lain, bertanggung jawab, dan memiliki motivasi yang tinggi untuk berprestasi. Aspek penting EQ anntara lain: kesadaran dan penempatan diri, empati, kontrol emosi, toleransi, daya juang dan relasi sosial.

Kemudian selanjutnya kita mengenal SQ (Spiritual Quotient) yang membantu kita untuk melihat keberhailan sebagai wujud keseimbangan hidup: antara dunia dan akhirat, material dan spiritual, jasmani dan rohani, rasionalitas dan spiritualitas, menerima dan memberi. SQ ini mengajarkan keikhlasan, bisnis beretika, kerendah-hatian, dan kemauan untuk berbagi.

Kini kita mengenal lagi yang namanya AQ (Adversity Quotient) yang mengajarkan lagi satu prinsip dasar untuk sukses yaitu kemamuan untuk bertahan di tengah halangan dan tantangan. Dengan AQ orang tidak mudah menyerah. Jika dianalogikan setiap orang itu ibarat seorang pendaki. Sukses tidaknya pendakian, tergantung oleh AQ atau daya tahan dan daya juangnya.

AQ juga menganalisis kategori orang menjadi 3 kategori, yaitu:

      1. The Quitter, orang yang cepat menyerah. Sebelum mulai berjuang dia sudah menyatakan ketidakmampuan, menyerah sebelum berperang. Orang ini masuk ke dalam kategori gagal.
      2. The Campers, yaitu mereka yang mendaki gunung, tapi baru tiba dilereng sudah berhenti untuk membuka tenda dan memutuskan untuk tidak melanjutkan ke puncak.
      3. The Climbers, mereka ini adalah orang yang tidak mengenal rintangan. Ia bisa saja atau mungkin saja jatuh, tapi ia akan bangkit kembali dan melanjutkan perjalanan dan berhenti hanya ketika mencapai puncak.

Nah, sekarang analisalah diri Anda. Lihatlah kekuatan Anda melalui aspek IQ, EQ, SQ dan AQ. Apakah Anda memiliki keseimbangan kematangan dari seluruh ukuran keberhasilan tersebut. Yakinilah bahwa setiap kita diciptakan istimewa oleh Sang Pencipta. Galilah kekuatan khusus Anda dan kembangkanlah.

14 Responses to “BELAJAR DARI PRINSIP DAN KIAT SUKSES”


  1. 1 idham 5 April 2009 pukul 10:51

    nice post…

  2. 2 yanuar 5 April 2009 pukul 13:26

    artikel yang sangat bagus mas, salam kenal ya,dan sukses selalu..

  3. 3 tifandhaluhzan 5 April 2009 pukul 15:05

    ssipp…siiipp…

  4. 4 Pu3Imaneisya 6 April 2009 pukul 11:33

    Salam acha, makasih ya sudi mampir ke blog mba’. Moga kita bisa jadi sahabat dan bertukar cerita akan dua negara. Salam sayang dari mba buat kamu di sana… jaga dir dan jangan nakal-nakal dong…

  5. 5 Pu3Imaneisya 6 April 2009 pukul 11:37

    salam acha… apa khabar kamu… mba’ doakan moga kamu sihat sejahtera di sana. Ma kasih ya kerna sudi mampir ke blog mba’.

  6. 6 Irwan M Santika 6 April 2009 pukul 20:49

    Wah2 bener sekali mas, sya suka baca buku ESQ, menurut mas gimana ?

  7. 7 Irwan M Santika 6 April 2009 pukul 20:52

    btw. kata menyerang nya di ganti dgn kata memancing saja, respon dri komentar di msantika.com🙂
    jdi memancing dan terus memancinglah sampai ikannya di dapat, he hee.

  8. 8 rickynugrahasetiawan 9 April 2009 pukul 19:02

    Halo,,, salam kenal…
    o iy, kalo yang
    berpikir positif kepada Allah…
    kesabaran
    dan juga bersyukur…
    merupakan bagian dari SQ, y kan???

  9. 9 swastika87 18 April 2009 pukul 21:06

    thanx dah mampir ya

  10. 10 swastika87 18 April 2009 pukul 21:13

    lam kenal

  11. 11 Nyanakusuma 20 April 2009 pukul 05:59

    nilai filosofis yang dalam ‘tuk menyelami makna hidup, agar qt ‘never give up’…..!!!

  12. 12 xpetmbt 7 Juni 2009 pukul 13:30

    Mts8QJ gbvapkwmzeyq, [url=http://iscpatebsykg.com/]iscpatebsykg[/url], [link=http://gehbvlnbkewu.com/]gehbvlnbkewu[/link], http://jwwptffwllvc.com/

    Abula45:
    koleksi spam nambah lg nih…😀
    _salam anget_

  13. 13 djqnxp 25 Juni 2009 pukul 17:32

    DCeOlb nvmmeriwtrax, [url=http://fqpjebkrijsg.com/]fqpjebkrijsg[/url], [link=http://zinqatmhocdt.com/]zinqatmhocdt[/link], http://yqrvqdwrdbfz.com/

    Abula45:
    nambah lg koleksi spam …😀
    _salam anget_

  14. 14 Ever nakaL 2 November 2009 pukul 19:01

    IS G00D M0TIVATI0N,.
    THX F0R 0L😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto