SEKILAS MITIGASI BENCANA LONGSOR


Tulisan ini diinspirasi dari kondisi di tempat tinggalku di Desa Ciburial. Yang mana kegiatan pendirian bangunan, baik itu rumah tinggal maupun tempat usaha (cafe, hotel, dsj.) begitu marak di sini. Dengan kata lain, izin-izin pendirian bangunan begitu mudahnya diterbitkan. Padahal, Desa Ciburial termasuk KBU (Kawasan Bandung Utara) yang mempunyai fungsi dan peranan penting dalam menjamin keberlanjutan perkembangan kehidupan di Cekungan Bandung.

Longsor atau gerakan tanah merupakan salah satu bencana geologis yang disebabkan oleh faktor-faktor alamiah maupun non alamiah. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran yang bergerak ke bawah atau keluar lereng. Dampak dari bencana ini sangat merugikan, baik dari segi lingkungan maupun sosial ekonomi.

Pemetaan rawan longsor telah dilakukan oleh Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk pulau Jawa, tetapi perlu dilakukan updating (pemutakhiran) terhadap peta yang dihasilkan karena kemungkinan adanya perubahan kondisi biofisik lahan. Updating dapat dilakukan berdasarkan survei lapangan yang diharapkan memberikan hasil yang sangat teliti.

Akan tetepi, hal tersebut tentu saja membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Selain itu, pengamatan lapangan tidak selalu dapat menjangkau seluruh daerah yang akan dipetakan, misalnya daerah dengan kondisi wilayah yang sulit dijangkau. Salah satu alternatif untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan memanfaatkan data inderaja.

Mitigasi bencana longsor pada prinsipnya bertujuan untuk meminimumkan dampak bencana tersebut. Untuk itu kegiatan early warning (peringatan dini) bencana menjadi sangat penting. Peringatan dini dapat dilakukan antara lain melalui prediksi cuaca/iklim sebagai salah satu faktor yang menentukan bencana longsor.

Pemanfaatan data satelit khususnya untuk aplikasi data satelit untuk bencana geologi dihadapkan pada masalah pemilihan jenis data dan metode pengolahannya. Kebutuhan data dengan resolusi tinggi (spasial, spektral, temporal) perlu dikombinasikan menjadi suatu aplikasi komplementer, sehingga keunggulan masing-masing data dapat dimanfaatkan.

Khusus dalam aplikasi data ASTER (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer), hingga saat ini telah banyak dilakukan riset untuk menyusun model pengolahan data bagi aplikasi bencana geologi. Namun, untuk penerapannya di Indonesia perlu dilakukan riset dengan cara mengkaji karakteristik band yang berhubungan dengan bencana geologi sehinga dapat disusun model pengolahan datanya untuk tujuan operasional.

Sementara itu data ALOS (Advanced Land Observing Satellite) adalah jenis data satelit yang masih relatif baru, meskipun sudah diluncurkan sejak Januari 2006, namun pemanfaatan datanya belum banyak dikaji secara intensif.

Tulisan ini diinspirasi dari kondisi di tempat tinggalku di Desa Ciburial. Yang mana kegiatan pendirian bangunan, baik itu rumah tinggal maupun tempat usaha (cafe, hotel, dsj.) begitu marak di sini. Dengan kata lain, izin-izin pendirian bangunan begitu mudahnya diterbitkan. Padahal, Desa Ciburial termasuk KBU (Kawasan Bandung Utara) yang mempunyai fungsi dan peranan penting dalam menjamin keberlanjutan perkembangan kehidupan di Cekungan Bandung.

6 Responses to “SEKILAS MITIGASI BENCANA LONGSOR”


  1. 1 Riani 15 Maret 2009 pukul 02:12

    Saya tidak tahu apakah ini karena keserakahan atau memang sudah tidak ada lahan lagi yang bisa digunakan. Padahal setahu saya daerah Punclut, Dago Atas, Ciburial dan sekitarnya adalah daerah resapan air untuk Kota Bandung. Kalau pembangunan” di sana dilakukan terus menerus maka dapat dipastikan daya dukung lingkungan (carrying capacity) akan sangat berkurang dan bahkan pada saatnya nanti tidak mampu mendukung lagi perkembangan kota.
    Dalam Islam sering kali disebut bahwa kefakiran (kemiskinan harta) akan mendekatkan pada kekafiran (penolakan hukum), namun sesungguhnya kefakiran itu wujudnya tidak selalu harta tapi juga nurani dan kebijaksanaan (wise), pada hakekatnya mereka yang serakah adalah orang yang fakir juga karena tidak pernah merasa kenyang dengan apa yang mereka peroleh.
    Dan sesuai program pemerintah mari kita berantas kemiskinan yang tercermin dalam wajah kepapaan dan keserakahan.

    Wassalam.

  2. 2 achoey 16 Maret 2009 pukul 23:04

    ketika manusia berlaku seenaknya
    maka bencanalah jadinya

    • 3 abula45 17 Maret 2009 pukul 23:29

      Dan ketika bencana terjadi, manusia itu baru menyadari kesalahannya.

  3. 4 christy 8 Agustus 2010 pukul 06:41

    Saya bingung
    kenapa ad ya terjadinya tanah longsor?????
    coba kalau negaraku tidak ad benca pasti bisa hidup tentram
    dan nyaman.
    oh ya kepada yahoo aku minta kalau berita tanah longsor di perbanyak lagi supaya orang yang mencari situs situs tanah longsor

  4. 5 Pirate Proxy 2 Juni 2013 pukul 18:20

    s a down side to the availability of digital content, and that.
    With anywhere near this much controversy clinging onto its name, it will come as no surprise that several in the world’s law enforcement authorities have been looking for ways to shut it down for good. The Vi – O comes pre set most abundant in widely used mobile devices, such as Blackberry, i – Pod, i – Phone amongst others.


  1. 1 Perubahan (yang Biasanya Terjadi) Sehabis Pemilu « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 6 Juli 2009 pukul 00:43

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 143,796 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Fast-flying Falcon

Reflection Perfection

sunset and fishing nets

Lebih Banyak Foto