Oleh-Oleh dari Penyuluhan (1): Jenis-Jenis Pajak


abula45-oleh-oleh-warga-desa-sadar-pajakKebetulan pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2009 kemarin saya ikut hadir di acara penyuluhan yang berjudul “Warga Desa Sadar Pajak”. Penyuluhan tersebut di selenggarakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Bandung yang diselenggarkan di Bale Desa Ciburial. Ada banyak pengetahuan yang saya dapatkan dari penyuluhan yang saya ikuti tersebut. Khususnya pengetahuan seputar perpajakan. Yang pada intinya, pajak itu penting untuk keberlangsungan pembangunan. Salah satunya keberlangsungan pembangunan di desa kami. Berikut ini adalah oleh-oleh yang saya bawa dari kegiatan yang saya ikuti:

Pajak di Indonesia dibedakan menjadi Pajak Pusat dan Pajak Daerah. Pajak Pusat yaitu pajak yang dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak. Pajak Daerah yaitu pajak yang dikelola oleh Pemerintah Daerah (Propinsi maupun Kabupaten/Kota).

Pajak-pajak Pusat yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak meliputi :

  • Pajak Penghasilan (PPh);
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPN);
  • Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM);
  • Bea Meterai;
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
  • Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Pajak-pajak yang dipungut oleh Pemerintah Daerah, baik Propinsi maupun Kabupaten/Kota antara lain meliputi :

1. Pajak Propinsi:

  • Pajak Kendaraan Bermotor dan Kendaraan di Atas Air;
  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Kendaraan di Atas Air;
  • Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bemotor;
  • Pajak Pengambilan dan Pemanfaatan Air Bawah Tanah dan Air Permukaan.

2. Pajak Kabupaten/Kota:

  • Pajak Hotel;
  • Pajak Restoran;
  • Pajak Hiburan;
  • Pajak Reklame;
  • Pajak Penerangan Jalan;
  • Pajak Pengambilan Bahan Galian Golongan C;
  • Pajak Parkir.

Demikian oleh-oleh ini saya bagikan. Masih banyak oleh-oleh yang akan saya bagikan melalui posting-posting selanjutnya. Semoga bermanfaat ya.

Salam hangat selalu.

About these ads

23 Responses to “Oleh-Oleh dari Penyuluhan (1): Jenis-Jenis Pajak”


  1. 1 Raffaell 4 Agustus 2009 pukul 12:34

    Wah, jadi inget, belom isi spt pajak taon kemaren

    Acha:
    waaah….. telat donG mas..
    _salam anget_

    • 2 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:17

      PERTAMAAAAAAAAAAAAXXXXXXXXXXXXXZZZZZZZZZZ

  2. 3 guskar 4 Agustus 2009 pukul 12:52

    artikel ini telah me-refresh ingatan saya, yg setahun lalu bareng temen2 ikut penyuluhan pajak…
    thanks kang Acha..

    Acha:
    sekarang orang desa seperti sy pun mulai dikenalkan dgn pajak mas… benar2 positif ya..
    _salam anget_

  3. 4 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 13:26

    Salam CINTA DAMAI dan KASIH SAYANG..

    Kang Acha di lembangnya sebelah mana kang.. saya di KIRCON

    Acha:
    wah .. sy di Bandung utaranya belum msk Lembang kang … antara Lembang dan Dago kang… deketnya si ke Dago.. kangBoed org Kircon toh…
    _salam anget_

    • 5 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:16

      SUMUHUN KANG ABDI DI KIRCON.. BILIH BADE NYIMPANG MANGGA SILAHKAN DIANTOS

  4. 6 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 13:27

    Hadooooh saya paling enda ngerti tuh perpajakan.. jangan jangan kang ACHA tukang pajak yaaa.. mendingan kaboooorrrrrrr dah

    Acha:
    haha.. suerrr kang sy bkn tukang pajak… malah waktu penyuluhan sy duduknya tukang teuing… hehe..
    _salam anget_

  5. 7 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 13:29

    balik lagi aaaah cuma buat teriak

    kelimaaaaaaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxzzzzzzz

    kabooooorrrrrrrrrrrrrrrrr

    Acha:
    duuh.. kesannya nikmat bgt nih yg klimaxzzzz
    _salam anget_

    • 8 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:19

      HAHAHA KUMAHA BISA KOMENGNA BERWARNA KITU KANG ABDI CAN TIASA HAHAHA

  6. 9 ~noe~ 4 Agustus 2009 pukul 15:14

    kalo diriku lebih sering berhubungan dengan pajak parkir.
    1000 perak. kalo ndak mau dipajakin ya harus mbayar pajak parkir :-)
    thanks kang untuk pencerahannya.
    salam

    Acha:
    jaga parkirnya di mana mas? :D
    _salam anget_

    • 10 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:34

      OOO tahunya sesama tukang PARKIR toooo.. yayaya.. masih PAJAK JUGA

  7. 11 buwel 4 Agustus 2009 pukul 16:50

    makasih mas info nya….siiiip

    • 12 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:36

      info nomer yaaaa.. hehehe.. masih suka pasang mas buwelll chayank

      *responder*

  8. 13 Blog Kesuksesan Hidup 4 Agustus 2009 pukul 20:09

    Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat :)

    Acha:
    semoga dpt mengambil manfaat mas…
    _salam anget_

    • 14 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:38

      Amieeeeeeeennnnnnn

  9. 15 Blog Kesuksesan Hidup 4 Agustus 2009 pukul 20:12

    Makasih sudah berbagi artikel tentang Pajak ini… Tetaplah berbagi :)

    Sukses Selalu…

    Acha:
    semoga bisa teruuuus berbagi.. lebih seneng lagi kalo dpt bagian… gede lagi .. :D
    _salam anget_

    • 16 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:56

      hahaha.. semoga meraih kesuksesan hidup yaaaaaa.. DUNIA dan AKHIRAT

  10. 17 celotehanakbangsa 4 Agustus 2009 pukul 21:37

    Wew.. Orang Pajak yach??

    Komen di sini kena pajak ngga yah??hehehe.. just kidding Gan..

    Salam Kenal..
    Salam Anak Bangsa..
    Salam Perubahan..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/04/wew-dapet-recehan-sambil-maen-facebook-tipuankah-ini/

    Acha:
    sy hanyalah orang desa yg baru memperoleh tahu soal perpajakan … ternyata pajak itu penting buat bangsa ini…
    _salam anget_

    • 18 KangBoed 4 Agustus 2009 pukul 23:57

      Waaaakaakakak.. masih ada yang gendong papan kemana mana selain anak bangsa yang suka berceloteh mesra

  11. 19 Huang 5 Agustus 2009 pukul 07:02

    haduh.. jadi gak yaa belajar brevet.. huhuhu

  12. 20 Eka Situmorang-Sir 5 Agustus 2009 pukul 14:44

    Ho ho…
    bermanfaat banget pak :)
    thank u infonya ya pak

  13. 21 yunus 30 Januari 2010 pukul 14:36

    Sistem pembayaran pajak sekarang ini akan menyiksa kebanyakan rakyat indonesia, karena mau jual tanahnya harus punya npwp,mereka tidak ngerti cara mengisinya,kalau minta tolong orang/konsultan ,harus bayar,untuk orang desa ini akan sangat menyiksa hidupnya yang dulu tenang,
    - tiap bulan ,atau tiap tahun harus lapor pajak,akan sangat mengusik kehidupan rakyat
    - Banyak rakyat mengisi laporan pajak pasti tidak diisi dengan benar semua penghasilannya,banyak rakyat yang tiap kali jantungnya berdetak kencang akan mengusik kebahagiaan rakyat indonesia,yang sejak dulu tidak pernah membayar pajak pribadi.
    - dengan sistem pemungutan pajak yang sekarang ,akan banyak mudaratnya dari pada faedahnya untuk rakyat indonesia.-
    - juga banyak oknum pajak yang mempergunakan kesempatan untuk memperkaya diri dengan memeras wajib pajak,dengan mengancam kalau tidak mau memberi uang sogokan yang jumlahnya lumayan besar ,akan diperiksa laporan pajaknya. yang jelas pasti ada salahnya.karena setiap aturan pajak pasti ada celahnya dan tidak sempurna.
    -Saya mengusulkan agar sistem perpajakan dirubah dan disesuaikan dengan keadaan rakyat indonesia jangan meniru negara lain yang sudah maju.
    yaitu dengan menghapus semua npwp pribadi, yang ada hanya npwp badan usaha saja. lebih diperbanyak pajak final saja,yang langsung dikenakan kalau membeli sesuatu atau transaksi sesuatu. Sistem pajak final adalah sangat cocok untuk rakyat indonesia saat ini. karena sangat sederhana,tidak menghabiskan waktu untuk tiap bulan lapor.

  14. 22 agussandra 21 Juni 2010 pukul 16:55

    BAru tahu loh kalo urusannya sampe kayak begini.. hehehe


  1. 1 Oleh-Oleh dari Penyuluhan (2): Jenis-Jenis Pajak di Indonesia « Abula45 | Pusat Informasi Digital Lacak balik pada 7 Agustus 2009 pukul 04:03

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 118,746 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Light Trails

WYYC 2014 - Tomoyuki Kaneko #4721

Sunset on Bourbon St.

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.