5 PRINSIP KERJA EFEKTIF


Agar proses manajemen menjadi efektif maka dibutuhkan seperangkat prinsip kerja efektif. Dalam hal ini, ada 5 prinsip kerja efektif. Kelima prinsip tersebut dibagi lagi sehingga lebih jelas dan praktis. Apa sajakah 5 prinsip dimaksud? Simaklah paparan berikut ini:

1. Rencana

Rencana itu ada hanya ketika ditulis. Kalau Anda tidak menuliskannya: Anda mungkin mempunyai impian atau visi atau bahkan mimpi buruk. Anda tidak mempunyai rencana kecuali ditulis.
Seperti kata Napoleon, “Tidak ada yang sukses dalam perang kecuali sebagai konsekuensi dari rencana yang disiapkan dengan baik.”

Merencanakan sesuatu dengan tepat berarti Anda harus mengetahui:

  • Pekerjaan apa yg akan Anda diselesaikan?
  • Bagaimana melaksanakannya?
  • Kapan selesainya?
  • Di mana selesainya ?
  • Berapakah kecepatan melaksanakannya?

Rencanakan Pekerjaan dengan tepat! Dengan perencanaan yang tepat, puncak keberhasilan baru separuh dicapai. Perencanaan itu sukses hanya dengan pelaksanaan yang profesional.

2. Jadwal

Pekerjaan harus dijadwalkan! Jadwal yg efektif harus:

  • Pasti.
  • Selaras dengan jadwal-jadwal lainnya.
  • Sulit mencapai, namun mungkin tercapai.
  • Peganglah dengan teguh.

Penjadwalan yang baik akan mengefektifkan energi Anda. Jangan biarkan energi Anda terbuang percuma hanya karena penjadwalan yang buruk.

3. Pelaksanaan

Letnan Jenderal James F. Hollingsworth mengatakan, “Orang bodoh mana pun bisa menulis sebuah rencana. Pelaksanaanyalah yang membuat Anda kewalahan.”

Setelah rencana yang tepat disiapkan, laksanakanlah rencana tersebut dengan:

  • Terampil
  • Teliti
  • Cepat
  • Tanpa usaha yang tak perlu
  • Tanpa penundaan yang tak perlu

Laksanakanlah rencana dengan tanpa memisahkannya dari pelaksanaan. Dengan kata lain, para perencana itu harus mengomandani pelaksanaan dan para komandan itu harus turut serta merencanakan.

4. Pengukuran

Perkerjaan yang telah Anda laksanakan haruslah diukur:

  • Berdasarkan potensi Anda
  • Berdasarkan progress report Anda yang telah lalu
  • Berdasarkan progress report orang lain yang telah lalu
  • Berdasarkan kuantitas
  • Berdasarkan kualitas

Buatlah rekam jejak perjalanan pelaksanaan perkerjaan Anda. Nantinya akan berguna untuk melaksanakan pekerjaan-perkerjaan lainnya sebagai referensi.

5. Kontraprestasi

Apabila pekerjaan Anda telah selesai dengan efektif, Anda selayaknya mendapat balas jasa berupa:

  • Syarat kerja yang baik
  • Kesehatan yang baik
  • Kebahagiaan
  • Pengembangan diri
  • Uang

====================================================

Sudahkah Anda BEKERJA dengan EFEKTIF ? dan bagaimana rasanya BEKERJA dengan EFEKTIF itu? Silakan berbagi melalui komentar.

About these ads

35 Responses to “5 PRINSIP KERJA EFEKTIF”


  1. 1 ekaria27 7 April 2009 pukul 10:40

    Dunno where did I hear from :
    Fail to plan is planning your own fail.

    Mantaps !
    nice info, artikel tepat saat dibutuhkan :)

  2. 2 guskar 7 April 2009 pukul 11:50

    Saya sangat setuju dengan pernyataan : Dengan perencanaan yang tepat, puncak keberhasilan baru separuh dicapai. Meskipun saya sdh membuat master plan, saban pagi sebelum bekerja, saya sisihkan waktu sekitar 10 menit, untuk membuat rencana yang tepat untuk hari itu dan ternyata jadual yang saya susun sangat efektif.
    Tulisan Anda sangat menginspirasi.

    • 3 fayiit suba'i 18 September 2012 pukul 07:53

      belum, apa yang harus saya lakukan agar bisa bekerja ato membuat usaha yang baik dan efektif.?

  3. 4 Pu3Imaneisya 7 April 2009 pukul 13:55

    Perencanaan yang jitu harus ditop up dengan usaha gigih yang nggak kenal arti putus asa, jemu dan juga patah semangat biarpun kita dikritik. Yang penting kita lagi tahu apa sih yang mahu kita capai dalam sebuah kehidupan yang kita miliki…

  4. 5 ria manies 8 April 2009 pukul 16:28

    saya merasa sangat kuranggggg dari hal hal yang di atassss…. kurang sekaliii….. :( bagamn cara menikarkannya

  5. 6 ahmadinda 10 April 2009 pukul 16:14

    benar-benar 5 prinsip kerja yang menentukan kesuksesan. apalagi kalau kita melakoninya dengan penuh keikhlasan dan penjiwaan.

    keep action

  6. 7 Riani 11 April 2009 pukul 13:07

    Bekerja dengan efektif itu menghemat energi.
    Pikiran lebih fokus dan hasil kerja pun memuaskan.

    • 8 rahman 2 Februari 2012 pukul 18:26

      Menurut q prinsip kerja tu ialah. Kerja keras kerja cerdas d kerja ikhlas. Cma ini komentar q

      • 9 fayiit suba'i 18 September 2012 pukul 08:00

        emang sih, tapi pelaksanaanya itu yang buat sya kwalahan ngjalaninnya,
        prinsip ap yang harus di pegang dalm bekerja dan embuat usaha yang baik dengan evektif.

  7. 10 anti tung desem waringin 11 April 2009 pukul 21:32

    abula memang mantap.. 45 itu tahun lahir ya?

  8. 11 Mnx 12 April 2009 pukul 11:32

    Trims bwt pembelajaranx..
    artikellengkap.blogspot.com

  9. 12 Alfin 1 September 2009 pukul 23:47

    Thanxs Bro…

  10. 13 naufal 5 Februari 2010 pukul 10:26

    JALWAL ITU PERLU,Tapi…jika ada hal lain yang harus diselesaikan,jadwal it bisa tertunda,menurut saya.. selesaikanlah yang benar2 harus di dahulukan’karna kerjaan itu datang bersifat tiba2.

  11. 14 Ukrainian escorts ladies 11 Februari 2011 pukul 17:52

    Awsome post and right to the point. I am not sure if this is actually the best place to ask but do you people have any thoughts on where to hire some professional writers? Thank you

  12. 15 Afan Cung 28 Juli 2011 pukul 19:50

    bagi saya sebuah jadwal sangat penting sekali karena dengan ada nya jadwal saya tidak pernah terlambat dalam melakukan sesuatu hal…..
    n saya juga ingin hidup saya penuh dengan jadwal RUTINRITAS.

  13. 16 Alpakh Shettya Negara 14 Oktober 2011 pukul 16:10

    Agar proses manajemen menjadi efektif maka dibutuhkan seperangkat prinsip kerja efektif. Dalam hal ini, ada 5 prinsip kerja efektif. Kelima prinsip tersebut dibagi lagi sehingga lebih jelas dan praktis. Apa sajakah 5 prinsip dimaksud? Simaklah paparan berikut ini:

    1. Rencana

    Rencana itu ada hanya ketika ditulis. Kalau Anda tidak menuliskannya: Anda mungkin mempunyai impian atau visi atau bahkan mimpi buruk. Anda tidak mempunyai rencana kecuali ditulis.
    Seperti kata Napoleon, “Tidak ada yang sukses dalam perang kecuali sebagai konsekuensi dari rencana yang disiapkan dengan baik.”

    Merencanakan sesuatu dengan tepat berarti Anda harus mengetahui:

    Pekerjaan apa yg akan Anda diselesaikan?
    Bagaimana melaksanakannya?
    Kapan selesainya?
    Di mana selesainya ?
    Berapakah kecepatan melaksanakannya?

    Rencanakan Pekerjaan dengan tepat! Dengan perencanaan yang tepat, puncak keberhasilan baru separuh dicapai. Perencanaan itu sukses hanya dengan pelaksanaan yang profesional.

    2. Jadwal

    Pekerjaan harus dijadwalkan! Jadwal yg efektif harus:

    Pasti.
    Selaras dengan jadwal-jadwal lainnya.
    Sulit mencapai, namun mungkin tercapai.
    Peganglah dengan teguh.

    Penjadwalan yang baik akan mengefektifkan energi Anda. Jangan biarkan energi Anda terbuang percuma hanya karena penjadwalan yang buruk.

    3. Pelaksanaan

    Letnan Jenderal James F. Hollingsworth mengatakan, “Orang bodoh mana pun bisa menulis sebuah rencana. Pelaksanaanyalah yang membuat Anda kewalahan.”

    Setelah rencana yang tepat disiapkan, laksanakanlah rencana tersebut dengan:

    Terampil
    Teliti
    Cepat
    Tanpa usaha yang tak perlu
    Tanpa penundaan yang tak perlu

    Laksanakanlah rencana dengan tanpa memisahkannya dari pelaksanaan. Dengan kata lain, para perencana itu harus mengomandani pelaksanaan dan para komandan itu harus turut serta merencanakan.

    4. Pengukuran

    Perkerjaan yang telah Anda laksanakan haruslah diukur:

    Berdasarkan potensi Anda
    Berdasarkan progress report Anda yang telah lalu
    Berdasarkan progress report orang lain yang telah lalu
    Berdasarkan kuantitas
    Berdasarkan kualitas

    Buatlah rekam jejak perjalanan pelaksanaan perkerjaan Anda. Nantinya akan berguna untuk melaksanakan pekerjaan-perkerjaan lainnya sebagai referensi.

    5. Kontraprestasi

    Apabila pekerjaan Anda telah selesai dengan efektif, Anda selayaknya mendapat balas jasa berupa:

    Syarat kerja yang baik
    Kesehatan yang baik
    Kebahagiaan
    Pengembangan diri
    Uang

  14. 17 Alpakh Shettya Negara 14 Oktober 2011 pukul 16:15

    tak mudah melakukan sesuatu tanpa manajemen waktu yang teratur dan cukup pasti,,,,,,,,semua akan terbuang sia-sia dan terbuang percuma kehidupan yang anda lalui…menejlah waktu dengan baik sudaraku,,! KEEP FIGHT.

  15. 18 urang banjar... 25 November 2011 pukul 20:17

    belajar dari pengalaman dan terus menempa diri…saya rasa itu juga penting……

  16. 19 imatch 5 Desember 2011 pukul 15:03

    terima kasih atas tips nya…

  17. 20 rahman 2 Februari 2012 pukul 18:20

    Aku suka kamu

  18. 21 ari 25 Februari 2012 pukul 08:41

    saya setuju, Tapi Kalau 5 Usaha tersebut di tambah dengan Berdo’a gimana ya……setujukah…..?????????????

  19. 22 aji kontot 9 April 2012 pukul 15:36

    gw udah punya yang kalian sebutin di situ tapi pada pelaksanaannya banyak yang ga ke pake hanya 20% yang ke pake semua kerjaan yang gw kerjaain di luar rencana yang gw udah buat,,kalian tahu tidak apa ayoo.

  20. 23 aji kontot 9 April 2012 pukul 15:38

    beol alias eee.pup

  21. 24 lukas 25 April 2012 pukul 16:04

    jelaskan peran top manajemen

  22. 25 moessa 16 Agustus 2012 pukul 00:48

    ijin copy iaa

  23. 26 azin lampung 20 September 2012 pukul 14:20

    jangan nambah pusing tho, lah lah

  24. 27 Rian 1 Januari 2013 pukul 10:07

    Dengan 5hal tersebut sangat memotivasi diri saya di tempat kerja Mudah mudahan Semua bisa terwujudkan,

    Salam Sukses.

  25. 28 delta 24 Maret 2013 pukul 21:47

    thnk gan atas pembelajaran nya membuat motifasi kerja saya jadi meningkat

  26. 29 triyono 14 November 2013 pukul 07:20

    thanks artikelnya sangat menginfiratip

  27. 30 Sandi 30 Desember 2013 pukul 20:51

    Saya mau tanya? Saya da rencana untuk masuk ke dunia marketing, tpi sya nya pemalu, nah bagai mana cara supya tdak da rasa malu… Tolong ksih tau….

  28. 31 widysulistianto 12 Mei 2014 pukul 21:56

    izin repost ke blog ane ya


  1. 1 Endang Swastyaskuningsih » Blog Archive » “PASWORD KERJA DAHSYAT” Lacak balik pada 26 Oktober 2009 pukul 09:04
  2. 2 Prinsip Kerja Mobil 4 Tak | X Power Penghemat BBM Lacak balik pada 17 Januari 2013 pukul 07:12
  3. 3 5 prinsip kerja yang efektif | Seputar Informasi Dan Berita Lacak balik pada 6 Maret 2013 pukul 13:06
  4. 4 Move On Itu Bernama “Kerja yang Efektif” | Widy Sulistianto Lacak balik pada 12 Mei 2014 pukul 21:59

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




SALAM

decib!
Semoga isinya bermanfaat bagi siapa saja yang berkunjung, dan memanfaatkan isinya.

KATEROGI POST

ARSIP POST

Share

Add to netvibes Subscribe in Bloglines
Add Abula45 | Pusat Informasi Digital to ODEO
Subscribe in podnova
I heart FeedBurner

Komunitas Blog

TopOfBlogs Technology
Bloggerian Top Hits DigNow.net
Indonesian Muslim Blogger
Yuk.Ngeblog.web.id

Statistik

  • 115,258 hits sejak 29 Nov. 2008

Twitter Update

Flickr Photos

Road To Quebec City 001

Swan Dance

Beautiful Blue.......

More Photos

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.